Sabtu, 17 Desember 2011

Berjudul

Hmmm....sepertinya udah lama banget ini blog ga gw buka lagi. Pas dibuka, debunya banyak banget, dan ngebukanya pun harus pelan - pelan takut pagenya robek. Oke, sedikit tiupan napas naga biar debu - debu hilang #huachiim, siap menulis lagi, #wait, be right back, , , , , ,5 menit kemudian, , , , , , ,10menit kemudian, , , , , , ,30menit kemudian, , , , , , , yak, gw kembali lagi sekarang, maap maap lama, tiba - tiba ada panggilan alam.hehehe.oke, sekarang gw sudah sepenuhnya siap. :D

Mulai dari mana ya, hmmm, oh iya saat gw nulis blog ini tu lagi hari minggu pagi. Minggu pagi kali ini sedikit berbeda. Bedanya biasanya gw menghabiskan tiap minggu pagi di Bandung, kali ini gw lagi ada di rumah orang tua gw di Lampung. Biasanya tujuan gw pulang ke rumah itu gara - gara uang udah habis, tapi ini tumben gara - gara ada pembuatan e-ktp, yah terpaksa pulang walau cuma beberapa hari, tapi tetep sih mengharapakan tambahan uang jajan kalo pulang.hehehe.

oh iya apa sih itu e-ktp?? hmm..kalo dari sumbernya langsung sih, bilangnya "dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional".

"Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup"

"Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk)"

Jadi nantinya setelah selesai pendataan semua warga atau masyarakat tuh nanti bakalan dibuat e-KTP yang sudah berbentuk dalam kartu yang isinya sudah ada biometrik dan chipnya. Biometrik itu berisi rekaman sidik jari dan chip nya itu berisi rekaman data pribadi pemilik kartu itu. hmm.. tampaknya keren ya KTP elektronik nantinya, jadi seperti kartu ATM gitu bisa digesek - gesek.

oh iya ngomong - ngomong nih ya, awalnya ide gw nulis blog ini bukan tentang e-ktp loh, seriusan, ko tiba - tiba jadi ngomongin e-ktp ya??hahaha..ya sudahlah nikmatin aja siapa tau berguna.hehe..salam. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar